Minggu, 06 Januari 2013

Negara Bagian Utah

Utah adalah sebuah negara di Amerika Serikat Barat. Ini menjadi negara ke-45 mengakui ke Uni pada tanggal 4 Januari 1896. Utah adalah 13-terbesar, yang 34-paling padat penduduknya, dan 10-setidaknya-padat penduduknya dari 50 Amerika Serikat. Sekitar 80% dari 2.817.222 Utah  orang tinggal di sepanjang Wasatch Front, berpusat pada Salt Lake City, meninggalkan hamparan luas negara hampir berpenghuni dan membuat penduduk keenam yang paling urbanisasi di Amerika Serikat. Utah berbatasan dengan Colorado pada timur, Wyoming di timur laut, Idaho di utara, Arizona di sebelah selatan, dan Nevada di sebelah barat. Hal ini juga menyentuh sudut New Mexico.

Utah adalah negara yang paling religius homogen dalam Uni. Sekitar 63% dari Utahns dilaporkan menjadi anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir atau LDS (Mormon), yang sangat mempengaruhi budaya Utah dan kehidupan sehari-hari. Markas besar dunia dari gereja LDS terletak di ibukota negara bagian Utah.

Negara merupakan pusat transportasi, teknologi pendidikan, informasi dan penelitian, layanan pemerintah, pertambangan, dan tujuan wisata utama untuk rekreasi di luar ruangan. Menurut perkiraan populasi Biro Sensus AS, Utah adalah negara dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Serikat pada 2008. St George, Utah, adalah daerah metropolitan dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Serikat dari 2000 hingga 2005. Sebuah 2.012 Gallup nasional survei menemukan Utah keseluruhan untuk menjadi "negara terbaik untuk hidup dalam" berdasarkan pada 13 pengukuran forward-looking termasuk gaya hidup berbagai ekonomi, dan kesehatan yang berhubungan dengan metrik prospek.

The Biro Sensus Amerika Serikat memperkirakan bahwa populasi Utah adalah 2.855.287 pada tanggal 1 Juli 2012, meningkat 3,3% sejak Amerika 2010 Amerika Sensus. Pusat dari penduduk Utah terletak di Utah County di kota Lehi. Sebagian besar penduduk tinggal di kota-kota di sepanjang Wasatch Front, sebuah wilayah metropolitan yang berjalan utara-selatan dengan Pegunungan Wasatch naik di sisi timur. Pertumbuhan luar Front Wasatch juga meningkat. The St George wilayah metropolitan saat ini kedua-pertumbuhan tercepat di negara itu setelah wilayah metropolitan Las Vegas, sementara wilayah Heber mikropolitan juga kedua-pertumbuhan tercepat di negara (di belakang Palm Coast, Florida).

Utah mengandung 5 wilayah metropolitan (Logan, Ogden-Clearfield, Salt Lake City, Provo-Orem, dan St George), dan 5 daerah mikropolitan (Brigham City, Heber, Vernal, harga, dan Cedar City).

Utah peringkat 47 pada kehamilan remaja, terakhir dalam persentase kelahiran di luar nikah, terakhir dalam jumlah aborsi per kapita, dan terakhir di persentase kehamilan remaja dihentikan dalam aborsi. Statistik yang berkaitan dengan kehamilan dan aborsi mungkin artifisial rendah dari remaja akan keluar dari negara untuk aborsi karena persyaratan pemberitahuan orang tua. Utah memiliki tingkat kemiskinan anak terendah di negeri ini, meskipun demografi mudanya. Menurut kepada Negara Gallup Kesejahteraan Laporan, Utah memiliki tertinggi kedelapan kesejahteraan di Amerika Serikat pada 2011. Menurut sebuah studi resep obat nasional, "Obat antidepresan yang diresepkan di Utah lebih sering daripada di lain negara, pada tingkat hampir dua kali lipat rata-rata nasional, "Namun, penelitian oleh CDC telah menunjukkan tingkat depresi di Utah menjadi tidak lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Pada 2010 Sensus, 80,4% dari populasi adalah non-Hispanik Putih, turun dari 91,2% pada tahun 1990, 0,9% non-Hispanik Hitam atau Afrika Amerika, 1% non-Hispanik American Indian dan Alaska Native, 2% non -Hispanik Asia, 0,9% non-Hispanik asli Hawaii dan Kepulauan Pasifik lainnya, 0,1% dari beberapa ras lain (non-Hispanik) dan 1,8% dari dua atau lebih ras (non-Hispanik). 13,0% penduduk Utah adalah asal Hispanik, Latino, atau Spanyol (mereka mungkin dari setiap perlombaan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar